Baru-baru ini, ketegangan antara Korea dan Jepang semakin meningkat karena kontroversi seputar kepemilikan Dokdo, sekelompok pulau yang terletak di Laut Jepang. Dengan adanya klaim dari kedua negara ini atas kepemilikan pulau tersebut maka segala sesuatu yang berkaitan dengan pulau Dokdo termasuk komentar yang dibuat oleh sejumlah tokoh masyarakat otomatis langsung menuai kritikan dari berbagai pihak. Begitupun dengan komentar para selebriti yang tak luput dari kritikan mengenai hal berbau sensitif ini.

Pada awal bulan ini, Siwon Super Junior dikritik karena ia me-retweet salah satu update-an twitter Presiden Korea Selatan, Lee Myungbak yang mengatakan bahwa Dokdo adalah milik Korea Selatan dengan demikian mereka harus berjuang untuk melindunginya.

Siwon sebagai anggota Super Junior yang juga memiliki banyak fans asal Jepang semakin tenggelam dalam kritikan fans-nya ketika melalui akun Twitter pribadinya, ayah Siwon mengkritik Jepang yang sekaligus dinilai telah mengorbankan citra anaknya sebagai seorang selebriti.

Sebagai tanggapan fans Jepang atas kekecewaan mereka terhadap Siwon, mereka bahkan sempat mengancam akan melempar telur pada Siwon selama kunjungannya baru-baru ini bersama Super Junior ke Jepang untuk acara pertemuan penggemar. Para fans ini menyatakan jika, “Kita semua tahu bahwa pemerintah Jepang dan Korea tidak memiliki pemikiran yang sejalan dan hal itu bukanlah sesuatu yang dapat dikontrol, tapi tidak perlu juga membahasnya di Twitter.

Selain Siwon, KARA juga mengalami nasib yang sama dalam menuai kritkan, tetapi untuk alasan yang berlawanan. Selama konferensi pers untuk album baru mereka, “Pandora,” para member ditanya mengenai pandangan mereka terhadap masalah Dokdo dan Park Gyuri pun menjawab, “Kami belum melakukan kegiatan promosi di Korea untuk waktu yang lama, tapi kami telah menerima banyak cinta dari penggemar di Jepang, jadi kami sangat berterima kasih.

Meskipun Park Gyuri berhasil menghindari pertanyaan sensitif tersebut namun, netizen Korea tetap mengkritik KARA dengan alasan jika grup ini hanya peduli mengenai bagaimana mendapatkan uang dan tidak bersedia untuk mendukung negara asal mereka.

Mengingat dua insiden ini, tampaknya banyak selebriti kemungkinan juga akan menghadapi kritik terlepas dari respon yang mereka berikan terkait pulau Dokdo hingga hal ini pun tentu menyulitkan mereka yang selama ini juga dikenal memiliki basis penggemar di Jepang.

 

Source: Chinatimes, Ming Pao News & @siwon407 via Koreaboo
Indo Trans by : Hera@KOREANINDO.NET
TAKE OUT WITH FULL CREDITS!!!